Dinsdag, 21 Mei 2013

Keuntungan Dan Kerugian Jaringan Client-Server

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer komputer lain dalam jaringan dan client adalah komputer komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan Oleh Server. Server dijaringan tipe Client-Server disebut dengan Dedicated Server karena Murni Berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada WorkStation dan server tersebut Tidak dapat berperan Sebagai Workstation


Dari Segi Keuntungan Dan kerugian Ialah Sebagai Berikut :

Keuntungannya :

  • Kecepatan akses lebih tinggi karena penyedia fasilitas jaringan dan pengelolaan dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai Workstation

  • Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai administrator Jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan

  • Sistem Back-up Data lebih baik, karena pada jaringan Client-Server Back-up dilakukan terpusat diserver, ang akan memback-up seluruh data yang digunakan didalam jaringan

Kelemahannya :

  • Biaya Operasional Relatif mahal

  • Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server

  • Kelangsungan Jaringan sangat tergantung pada Server . Bila Server mengalami gangguan maka secara Keseluruhan jaringan terganggu
  •  http://abdisr.blogspot.com/2012/03/keuntungan-dan-kerugian-jaringan-client.html
  •  
  •  
Peer to peer
  • Keuntungan
  1. Pelaksanaan tidak terlalu mahal.
  2. Tidak membutuhkan sofware server NOS (Network Operating Systim).
  3. Tidak membutuhkan adminis trator yang handal.
  • Kerugian
  1. Tidak cocok untuk netwok berskala besar, Atministrasi menjadi tidak terkontrol.
  2. Tiap user harus di latih untuk menjalankan tugas administratif.
  3. keamanan kurang.
  4. Semua mesin yang sheringresourse tidak mempengaruhi pemforma.
https://www.google.com/#output=search&sclient=psy-ab&q=keuntungan+dan+kelemahan+jaringan+komputer+client-server
JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER
  • Secara umum  jaringan komputer  terdiri atas 5 macam :
    a)      Local Area Network (LAN)
    Merupakan sebuah jaringan di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali di gunakan untuk menghubungkan komputer2 pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrok-pabrik untuk memakai bersama sumbr daya (resource, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

    b)      Metropolitan Area Network (MAN)
    Pada dasarnya meupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunkan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letak nya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

    c)       Wide Area Network (WAN)
    jangkauanya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup  sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

    d)      Internet
    sebenernya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bissa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainya.keinginan seperti ini hubungan antar jaringan yang sering kali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini di butuh kan sebuah mesin yang di sebut gateway guna melaksanakan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang di perlukan yang di perlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang  terinterkoneksi  inilah yang di sebut dengan internet.

    e)      Wireless (jaringan tanpa kebel)
    Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa di lakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat kan informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada di atas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel di perlukan karna koneksi kabel tidaklah mungkin di buat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak di gunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan akses yang lebih cepat di bandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
  1. Memderikan keamanan yang lebih baik.
  2. Lebih mudah mengaturnya bila netwoknya besar karena atministrasinya di sentralkan.
  3. semua data dapat di back up pa satu lokasi sentral.
  • kerugian
  1. membutuhkan sofware NOS yang mahal contoh: NT atau server windows 2000, XP, Novell, UNIX.
  2. Membutuhkan hardware yang lebih tinggi dan mahal untuk mesin server.
  3. Membutuhkan atministrator yang handal.
  4. Mempunyai satu titik lemah jika menggunakan satu server , data user menjadi tak ada jika server mati.
 http://culezngeblog.wordpress.com/2011/11/09/jenis-jenis-jaringan-komputer/

Jenis-Jenis Kabel Jaringan

Macam-Macam Kabel Jaringan
Kabel merupakan salah satu Media transmisi data untuk jaringan, yang digunakan untuk menghubungkan  satu  komputer  dengan  komputer lainya,berfungsi dalam  mengirim  informasi  dalam  bentuk  sinyal  listrik  antar  komputer jaringan. kabel jaringan yang digunakan ada 4 macamnya:


1.  Kabel Coaxial
Coaxial Merupakan kabel jaringan yang dilapisi dengan 2 tingkat isolasi. Pada isolasi yang pertama terdapat seraut konduktor yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengurangi pengaruh elektromagnetik,isolasi yang kedua terdapat plastic yang berfungsi sebagai pelindung untuk menghindari goresan dari kabel.

2. Kabel Fiber optic
Merupakan kabel jaringan yang dibuat menggunakan bahan dari filamen glass.transmisi data menggunakan fiber optic lebih cepat karena Pengiriman  data  ditransmisikan oleh pulsa  cahaya  untuk mengindarkan kehilangan  data  yang  disebabkan  oleh interferensi listrik.

3. Kabel Unshield Twisted Pair(UTP)
                        Merupakan Kabel jaringan untuk menyalurkan jaringan internet,dan di dalam kabel UTP ini di dalamnya ada 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni yang memiliki dua  kabel  yang  diputar  enam  kali  per-inchi,yang tidak dilengkapi shield(pelindung internal) untuk memberikan  perlindungan  terhadap  interferensi  listrik  ditambah  dengan  impedensi, atau  tahanan  listrik  yang  konsisten.kabel ini sangat umum digunakan banyak orang karena harganya murah.

4. Kabel Shield Twisted Pair(STP)
                        Merupakan Kabel jaringan yang sama seperti Kabel tetapi  kawatnya  lebih  besar  dan  diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN ialah IBM jenis/kategor.
 
https://www.google.com/#sclient=psy-ab&q=macam-macam+pengkabelan+jaringan+komputer&oq=macam-macam+jenis+pengkabelan

Cara Sharing File di Windows XP

Windows-XP
Sharing file merupakan salah satu fitur windows xp untuk berbagi file melalui jaringan sehingga kita bisa berbagi video, musik, dan berkas file. Sharing file ini sangat berguna bagi perkantoran maupun warnet. Syarat melakukan sharing file tentunya harus terhubung dengan jaringan, tutorial kali ini saya akan melakukan simple file sharing di jaringan LAN. Berikut ini langkah-langkahnya :
1. Klik Kanan > Properties Pada Folder/Partisi yang Akan di Share.
file-sharing1
2. Klik If you understand... seperti gambar berikut.
file-sharing2
3. Centang Share This Folder on Network.
file-sharing3
Share this folder on netwrok
Artinya membolehkan share folder ke jaringan.
Share name
Nama folder yang akan tampil di jaringan.
Allow network users to change my files
Membolehkan pengguna lain untuk mengedit, menghapus, atau memperbaharui folder.
4. Klik Apply Lalu Tunggu Samapi Proses Selesai.
Selanjutnya kita akan membaca folder yang dishare itu melalui komputer lain yang terhubung dengan jaringan. Berikut ini caranya :
1. Lihat Nama Komputer Dengan Klik Kanan My Computer > Computer Name.
file-sharing4
2. Klik My Computer Lalu Ketikkan \\namakomputer\namafolder.
file-sharing5
Simple file sharing ini tidak menggunakan pengamanan sehingga tidak disarankan untuk sharing file-file penting dengan cara di atas. Sebenarnya ada cara aman share di windows xp yang diberi password, saya akan membuat tutorialnya di posting berikutnya.
Diterbitkan Oleh Fuad Muhtaz »
Kategori » Home » Cara Sharing File di Windows XP » ,
Sharing Printer merupakan penggunaan sebuah printer yang dapat digunakan oleh beberapa komputer bersama-sama dalam satu jaringan LAN atau Wifi. Share Printer sekarang sudah banyak dilakukan oleh kantor-kantor, Bank, Sekolah-sekolah, Rental Komputer maupun warnet, selain menghemat jumlah printer juga dapat menghemat ruangan, Anda bisa bayangkan jika ada sepuluh komputer dalam satu ruangan dan setiap komputer memiliki printer masing-masing, tentu akan memakan banyak tempat. Dengan sharing printer ini Akan banyak menghemat printer dan ruangan Anda juga tidak terlalu sumpek dengan printer. Apalagi sekarang ini hampir semua karyawan kantoran memiliki laptop masing-masing yang ingin menghubungkan laptopnya ke printer, dengan menggunakan Cara Sharing printer melalui lan atau wifi ini akan banyak menghemat ruang dan waktu karyawan. Untuk bisa share printer setidaknya dibutuhkan dua komputer yang terhubung dengan sebuah jaringan LAN yang sama, satu komputer terhubung langsung dengan printer (Komputer Master) dan satu komputer lagi yang tidak ada printernya (Komputer Cliens). Secara umum Ada 3 Tahap proses yang harus dilakukan untuk bisa share printer: Pengaturan pada Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens) Pengaturan pada Komputer Master Pengaturan pada Komputer Cliens Note: Pada artikel ini, saya menggunakan Windows XP sebagai contoh, namun Anda tetap bisa mencapai hasil yang sama dengan menggunakan Windows Vista atau windows 7, tapi navigasi terminologi dan menu mungkin sedikit berbeda. Mari kita uraikan satu persatu: 1. Pengaturan pada Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens) Sebelum kita mulai sharing printer, terlebih dahulu Anda sudah mengetahui cara print dan install driver printer di komputer Anda. Kemudian beberapa komputer sudah terhubung dengan jaringa LAN atau Wifi dengan sebuah workgroup yang sama, jika komputer tersebut belum terhubung silahkan ubah terlebih dahulu Workgroup pada komputer Anda dengan nama yang sama, pada contoh kali ini kami membuat nama workgroup dengan nama "WORKGROUP". Untuk mengubahnya ikuti panduan berikut: Buka Control Panel melalu Start => Control Panel lalu temukan dan buka System Sharing Printer Gambar 1. System Properties Pilih Tab Computer Name, lihat apakah workgroup tersebut sudah sama dengan nama workgroup yang anda inginkan. Jika belum ubah workgorup tersebut dengan klik Change. Sharing Printer setting workgroup Gambar 2. Membuat nama komputer dan workgroup Lalu ubahlah workgroup dengan nama yang Anda inginkan dan harus sama dengan nama workgroup pada komputer yang lain yang ingin Anda share printer, lalu klik OK. 2. Pengaturan pada Komputer Master Pada Komputer yang terhubung langsung dengan Printer yang ingin Anda Share haruslah mengatur settingan printer sebagai berikut: Buka kembali Control Panel melalui Start kemudian pilih dan buka Printer and Faxes, pada windows Printer And Faxes tersebut Akan terlihat printer yang sudah ready dan terhubung dengan komputer sekarang ini, klik kanan printer yang Anda ingin share lalu klik Sharing... (contoh kami menggunakan printer brother) Membuka Sharing Printer Properties Gambar 3. Membuka Sharing Printer Properties Lalu akan terbuka Tab Sharing Properties seperti di bawah ini. Silahkan pilih Share this printer, Beri nama sesuka Anda atau biarkan dengan nama yang sudah ada kemudian klik OK. Jika ada permintaan CD Windows, atau konfirmasi dari printer sharing, pilih “Just Enable File and Printer Sharing” dan Klik OK. Sharing Printer Properties Gambar 4. Nama Printer pada Sharing Printing 3. Pengaturan pada Komputer Cliens Setelah pengaturan pada tahap kedua selesai (jangan kebalik urutannya harus 1, 2 dan 3) maka terakhir kita Tambahkan printer yang telah di-sharing tadi pada komputer cliens: Buka Control Panel melalu Start => Control Panel lalu pilih Printer and Faxes, Pada tab di sebelah kiri pilih Add a Printer. Seperti gambar dibawah ini: Add Sharing Printer Gambar 5. Menambahkan Printer Sharing Maka akan terbuka Add Printer Wizard, Klik Next > printer sharing windows Gambar 7. Tampilan awal Add Printer Wizard Kemudian Pada Local or Network printer pilih A network printer, or a printer altachead to another computer lalu klik Next > printer sharing in windows 7 Gambar 8. Pilih A network printer Kemudian pilih Browse for printer lalu klik Next >, maka komputer Anda akan mencari printer yang tadinya sudah kita share. Untuk proses cepatnya Anda bisa pilih yang kedua yaitu Connect to this printer dengan mengetikkah Nama printer master dan nama printer yang dishare tadi dengan format "\\server\printer" atau jika menggunakan contoh dari kami yang menggunakan printer brother maka "\\Operator\BrotherD" (lihat gambar 1 untuk nama komputer, dan gambar 4 untuk nama printer) wifi printer sharing Gambar 9. Pilih Browser for a printer atau Connet to this printer Terakhir akan muncul info untuk mengkonfirmasi apakah Share Printer Jaringan ini akan dijadikan Printer Deafult, Anda bisa pilih tidak dengan menekan tombol No atau Pilih sesuai kebutuhan. Kami menyarankan Anda tidak memilih Yes karena setiap Anda print nanti akan ngeprint otomatis ke printer server, bagi pemula akan bingung karena yang diprint tidak keluar-keluar padahal sudah terprint di printer master. Demikianlah Cara Sharing Printer Melalui Jaringan LAN atau Wifi, semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda. artikel ini juga berkaitan dengan sharing printer windows 7, sharing printer windows xp, share printer windows 7, shared printer, how to share printer dan cara sharing printer. Baca Juga: Cara Mudah Reset Printer Canon iP 1880 Mengubah Semua Jenis File Menjadi PDF Gratis Download dan Install Driver Printer Canon 2700 atau 2770 SHARING PRINTER :: Cara Sharing Printer Melalui Jaringan LAN atau Wifi Cara Ngeprint Dari Halaman Terakhir PRINT PDF HITAM-PUTIH :: Cara Mudah Print PDF Grayscale | Hitam-putih Cara Print Bolak-Balik Printer Canon | Duplex Print CARA PRINT :: Cara Ngeprint dengan Printer Canon | Dokumen | Foto 3 Cara Ngeprint Powerpoint Hitam-Putih (Grayscale) Mau Print PDF? Ini Cara Print File PDF yang Bagus SERVICE ERROR 6000 :: Cara Memperbaiki Service Error 6000 Pada Printer Canon 1980 & 1880 Tips Print Amplop dengan Mudah di Word Tips Cara Print Surat dan Sertifikat Sumber: http://blog.autada.com/2012/10/sharing-printer.html Copyright by www.autada.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini
PRINTER :: Cara Sharing Printer Melalui Jaringan LAN atau Wifi Label: Ngeprint » Printer Sharing Printer merupakan penggunaan sebuah printer yang dapat digunakan oleh beberapa komputer bersama-sama dalam satu jaringan LAN atau Wifi. Share Printer sekarang sudah banyak dilakukan oleh kantor-kantor, Bank, Sekolah-sekolah, Rental Komputer maupun warnet, selain menghemat jumlah printer juga dapat menghemat ruangan, Anda bisa bayangkan jika ada sepuluh komputer dalam satu ruangan dan setiap komputer memiliki printer masing-masing, tentu akan memakan banyak tempat. Dengan sharing printer ini Akan banyak menghemat printer dan ruangan Anda juga tidak terlalu sumpek dengan printer. Apalagi sekarang ini hampir semua karyawan kantoran memiliki laptop masing-masing yang ingin menghubungkan laptopnya ke printer, dengan menggunakan Cara Sharing printer melalui lan atau wifi ini akan banyak menghemat ruang dan waktu karyawan. Untuk bisa share printer setidaknya dibutuhkan dua komputer yang terhubung dengan sebuah jaringan LAN yang sama, satu komputer terhubung langsung dengan printer (Komputer Master) dan satu komputer lagi yang tidak ada printernya (Komputer Cliens). Secara umum Ada 3 Tahap proses yang harus dilakukan untuk bisa share printer: Pengaturan pada Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens) Pengaturan pada Komputer Master Pengaturan pada Komputer Cliens Note: Pada artikel ini, saya menggunakan Windows XP sebagai contoh, namun Anda tetap bisa mencapai hasil yang sama dengan menggunakan Windows Vista atau windows 7, tapi navigasi terminologi dan menu mungkin sedikit berbeda. Mari kita uraikan satu persatu: 1. Pengaturan pada Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens) Sebelum kita mulai sharing printer, terlebih dahulu Anda sudah mengetahui cara print dan install driver printer di komputer Anda. Kemudian beberapa komputer sudah terhubung dengan jaringa LAN atau Wifi dengan sebuah workgroup yang sama, jika komputer tersebut belum terhubung silahkan ubah terlebih dahulu Workgroup pada komputer Anda dengan nama yang sama, pada contoh kali ini kami membuat nama workgroup dengan nama "WORKGROUP". Untuk mengubahnya ikuti panduan berikut: Buka Control Panel melalu Start => Control Panel lalu temukan dan buka System Sharing Printer Gambar 1. System Properties Pilih Tab Computer Name, lihat apakah workgroup tersebut sudah sama dengan nama workgroup yang anda inginkan. Jika belum ubah workgorup tersebut dengan klik Change. Sharing Printer setting workgroup Gambar 2. Membuat nama komputer dan workgroup Lalu ubahlah workgroup dengan nama yang Anda inginkan dan harus sama dengan nama workgroup pada komputer yang lain yang ingin Anda share printer, lalu klik OK. 2. Pengaturan pada Komputer Master Pada Komputer yang terhubung langsung dengan Printer yang ingin Anda Share haruslah mengatur settingan printer sebagai berikut: Buka kembali Control Panel melalui Start kemudian pilih dan buka Printer and Faxes, pada windows Printer And Faxes tersebut Akan terlihat printer yang sudah ready dan terhubung dengan komputer sekarang ini, klik kanan printer yang Anda ingin share lalu klik Sharing... (contoh kami menggunakan printer brother) Membuka Sharing Printer Properties Gambar 3. Membuka Sharing Printer Properties Lalu akan terbuka Tab Sharing Properties seperti di bawah ini. Silahkan pilih Share this printer, Beri nama sesuka Anda atau biarkan dengan nama yang sudah ada kemudian klik OK. Jika ada permintaan CD Windows, atau konfirmasi dari printer sharing, pilih “Just Enable File and Printer Sharing” dan Klik OK. Sharing Printer Properties Gambar 4. Nama Printer pada Sharing Printing 3. Pengaturan pada Komputer Cliens Setelah pengaturan pada tahap kedua selesai (jangan kebalik urutannya harus 1, 2 dan 3) maka terakhir kita Tambahkan printer yang telah di-sharing tadi pada komputer cliens: Buka Control Panel melalu Start => Control Panel lalu pilih Printer and Faxes, Pada tab di sebelah kiri pilih Add a Printer. Seperti gambar dibawah ini: Add Sharing Printer Gambar 5. Menambahkan Printer Sharing Maka akan terbuka Add Printer Wizard, Klik Next > printer sharing windows Gambar 7. Tampilan awal Add Printer Wizard Kemudian Pada Local or Network printer pilih A network printer, or a printer altachead to another computer lalu klik Next > printer sharing in windows 7 Gambar 8. Pilih A network printer Kemudian pilih Browse for printer lalu klik Next >, maka komputer Anda akan mencari printer yang tadinya sudah kita share. Untuk proses cepatnya Anda bisa pilih yang kedua yaitu Connect to this printer dengan mengetikkah Nama printer master dan nama printer yang dishare tadi dengan format "\\server\printer" atau jika menggunakan contoh dari kami yang menggunakan printer brother maka "\\Operator\BrotherD" (lihat gambar 1 untuk nama komputer, dan gambar 4 untuk nama printer) wifi printer sharing Gambar 9. Pilih Browser for a printer atau Connet to this printer Terakhir akan muncul info untuk mengkonfirmasi apakah Share Printer Jaringan ini akan dijadikan Printer Deafult, Anda bisa pilih tidak dengan menekan tombol No atau Pilih sesuai kebutuhan. Kami menyarankan Anda tidak memilih Yes karena setiap Anda print nanti akan ngeprint otomatis ke printer server, bagi pemula akan bingung karena yang diprint tidak keluar-keluar padahal sudah terprint di printer master. Demikianlah Cara Sharing Printer Melalui Jaringan LAN atau Wifi, semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda. artikel ini juga berkaitan dengan sharing printer windows 7, sharing printer windows xp, share printer windows 7, shared printer, how to share printer dan cara sharing printer. Baca Juga: Cara Mudah Reset Printer Canon iP 1880 Mengubah Semua Jenis File Menjadi PDF Gratis Download dan Install Driver Printer Canon 2700 atau 2770 SHARING PRINTER :: Cara Sharing Printer Melalui Jaringan LAN atau Wifi Cara Ngeprint Dari Halaman Terakhir PRINT PDF HITAM-PUTIH :: Cara Mudah Print PDF Grayscale | Hitam-putih Cara Print Bolak-Balik Printer Canon | Duplex Print CARA PRINT :: Cara Ngeprint dengan Printer Canon | Dokumen | Foto 3 Cara Ngeprint Powerpoint Hitam-Putih (Grayscale) Mau Print PDF? Ini Cara Print File PDF yang Bagus SERVICE ERROR 6000 :: Cara Memperbaiki Service Error 6000 Pada Printer Canon 1980 & 1880 Tips Print Amplop dengan Mudah di Word Tips Cara Print Surat dan Sertifikat Sumber: http://blog.autada.com/2012/10/sharing-printer.html Copyright by www.autada.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini

Cara Sharing Printer di Windows 7 | ALL FOR U

Cara Sharing Printer di Windows 7 – Kalau sebelumnya saya sudah memberikan tutorial Cara Sharing Printer pada Windows XP Lewat Jaringan LAN, kali ini saya kembali memberikan tutorial bagaimana cara melakukan sharing printer pada komputer atau laptop dengan sistem operasi windows 7. Oke dari pada berlama-lama berikut tahap-tahapnya:
Setting pada Komputer Host/Server (Komputer yang mempunyai Printer yang kemudian akan di Share).
  1. Buka Start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change advance sharing setting (ada disebelah kiri). Kemudian pilih option “Turn on network discovery”, “Turn on file and printer sharing” dan “Turn off password protected sharing
  2. Buka Start > Device and Printers
  3. Klik kanan pada printer yang akan di share
  4. Pilih “Printer Properties”
  5. Pilih tab “Sharing” dan Centang pada opsi “Share this printer
    sharing_printer_win7_1
  6. Masih pada tab Sharing, Klik “Additionel drivers”, agar printer share bisa diakses oleh sistem operasi berbeda (missal Windows XP), maka Centang x64 dan x86sharing_printer_win7_2
Setting di Komputer Client
  1. Pastikan Komputer Host/Server menyala dan sudah membuat sharing printernya (baca setting komputer host/server diatas), dan pastikan juga Printer dalam keadaan ON
  2. Buka Start > Device and Printers
  3. Pada window Device and Printers, klik “Add a printer” pada menu bagian atas.
    sharing_printer_win7_3
  4. Pilih Add network, wireless, or Bluetooth printer, lalu klik Next.
    sharing_printer_win7_4
  5. Jika komputer, printer, dan jaringan berjalan dengan baik, maka secara otomatis printer akan muncul di daftar
    sharing_printer_win7_5
  6. Pada tahap berikutnya, Klik “Next”, “Next” saja dan “Finish”.
by : http://techno.internetberitaku.com/printer-scanner/cara-sharing-printer-di-windows-7/ 
 
 

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking